Sebelum Membeli AC, Pahami Jenis-Jenis Ac Berikut Ini

Pendingin ruangan (AC) menjadi barang yang wajib ada saat ini. karena kondisi cuaca di indonesia sudah semakin panas. Kipas angin pun tidak bisa mengurangi suhu panasnya. Jika anda ingin membeli ac, sebaiknya ketahui dengan pasti kebutuhannya. Apalagi jenis ac sangat banyak sekali. Jangan sampai ac rusak dan akhirnya harus menggunakan jasa service ac bandung. Sebelum membeli, anda harus tahu jenisnya dan berapa PK yang dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya kita bahas jenis ac dibawah ini.

Ac Windows

AC windows termasuk jenis ac yang pertama kali muncul. Bentuknya masih kotak dan sederhana. Untuk menyalakannya pun tidak butuh remote kontrol. Dalam AC ini terdapat beberapa komponen, seperti kompresor, penguap, pendingin, expandion valve dan cooling coil. Sering diletakan di jendela atau tembok ruangan. AC windows lebih dikenal dengan nama unitary. AC ini akan bekerja mengeluarkan udara dingin ke ruangan dan mengeluarkan udara panas ke luar ruangan. Oleh karena itu diletakan pada jendela atau dinding dan terhubung langsung ke luar rumah. Kapasitasnya sekitar 0,5 PK sampai 2,5 PK.

AC Split (Ductless)

Dinamakan ac split karena ada dua bagian yang terpisah yaitu bagian unit indoor dan unit outdoor. Unit outdoor berfungsi untuk expansion,. Compressor dan condenser. Jenis ac inilah yang paling banyak digunakan di rumah-rumah. Tidak perlu spot khusus untuk memasangnya, seperti ac windows. Karena bisa dipasang pada permukaan dinding dan bagian outdoor dipasang di luar rumah. Kapasitasnya tersedia dari ukuran ½ PK sampai 2,5 PK.

Ac Central (Ducted)

Ac central dipasang pada ruangan yang besar. Misalnya di hotel, mall, dan lainnya. Jenis ini memiliki kompresor lebih besar. Untuk bagian condensing unit diletakan di luar gedung. Lalu satu bagian lain digunakan untuk internal evaporative unit dan diletakan di dalam gedung. Jika terjadi kerusakan, perbaikannya lebih rumit. Oleh karena itu harus menggunakan service ac bandung. Kapasitas ac central sangat besar, sekitar 10 Pk sampai 20 PK.

Ac Cassette

AC casette biasanya dipasang pada plafon gedung. Proses pemasangannya tidak mudah., dibutuhkan keahlian khusus. Jenis ac ini sering dipasang pada gedung yang besar. Tetapi bisa juga dipasang pada rumah, tetapi tentunya harus dipasang dengan benar, supaya tidak merusak desain rumah. Jenis ac ini memiliki kapasitas yang beragam, dari ukuran 1,5 PK sampai 6 PK. Bila terjadi kerusakan pun, sulit untuk memperbaikinya.

AC Portable

Jenis AC ini banyak digunakan di sebuah acara tertentu. Seperti pernikahan, kelulusan dan lainnya. Sering digunakan di acara yang diadakan di dalam tenda. Sistem kerjanya sama dengan ac pada umumnya, akan menghisap udara panas dan dikeluarkan lewat ventilasi yang berada di luar. Jenis ac ini bisa dipindahkan, sesuai kebutuhan. Memiliki kapasitas antara 1 PK sampai 5 PK.

Dengan memahami jenis ac diatas, anda jadi tahu jenis ac mana yang dibutuhkan. Untuk pengguna di rumah, cukup gunakan ac split. Kemudian sesuaikan kapasitas PK dengan ukuran ruangan. Cara menghitungnya seperti ini:

½ PK digunakan untuk luas ruangan 10 m persegi

¾ PK digunakan untuk luas ruangan 14 meter persegi

1 PK digunakan untuk luas ruangan 18 meter persegi

1 ½ PK digunakan untuk luas ruangan 24 meter persegi

2 PK digunakan untuk luas ruangan 36 meter persegi

Untuk ruangan lebih luas, tinggal dikalikan saja. Untuk proses pemasangannya lebih gunakan jasa service ac bandung. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Deskripsi: service ac bandung, bisa membantu proses instalasi ac supaya dipasang dengan tepat sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *