Oops, Peneliti Sebut Daun Teh Bermanfaat untuk Cegah Kanker Paru

Kamu doyan menyeduh teh langsung dari daunnya? Penelitian menyebut kebiasaan ini memiliki banyak manfaat positif, salah satunya adalah mencegah terserang kanker paru-paru.

Sudhagar Pitchaimuthu dari Swansea University, Inggris, menyebut menyeduh teh langsung dari daunnya membuat partikel yang bernama quantom dots terserap oleh tubuh. Partikel inilah yang disebut sebagai kunci untuk menghancurkan sel-sel kanker di paru-paru.

“Penelitian kamu menemukan bahwa ekstrak daun teh yang diseduh mengeluarkan partikel quantum dots yang tidak ditemukan jika menyeduh teh dari kantong,” ungkap Sudhagar, dikutip dari India Times.

Partikel ini berukuran sangat kecil, 400 kali lebih tipis daripada rambut manusia. Tidak beracun, partikel ini justru menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan membuatnya hancur.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Applied Nano Material, peneliti menyebut nanopartikel quantom dots mampu menghancurkan hingga 80 persen sel kanker yang ada di tubuh.

Tak hanya itu, peneliti juga menyebut manfaat sehat teh lebih besar didapat jika diseduh langsung dari daunnya. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikan berapa dosis quantum dots yang efektif untuk mencegah kanker.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *