Daerah Industri Wijayakusuma Bersiap di Batang Jawa Tengah

Salah satu BUMN yang bergerak di bidang pengembangan kawasan industri, PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) Persero bersiap mulai melakukan ekspansi ke wilayah lain di Jawa Tengah. Perseroan membidik daerah baru yang potensial dijadikan kawasan industri. “Kami akan lakukan ekspasi di Jawa Tengah. Prioritas kami pertama ada di Batang,” ujar Komisaris Utama PT KIW Ihwan Sudrajat, di sela peresmian water treatment plant (WTP) Tirta Wijayakusuma di kawasan KIW di Kota Semarang.
Kabupaten Batang dipilih untuk pengembangan industri karena dinilai tumbuh menjanjikan. Pembangunan kawasan industri di era modern juga tidak harus dekat dengan pelabuhan. Di Batang, akses kawasan kian mudah karena wilayah itu juga dilewati jalan Tol Trans Jawa. “Sekarang kalau bangun kawasan tidak perlu ada akses dekat pelabuhan,” katanya. Untuk mempersiapkan ekspansi bisnis itu, PT KIW menambah portofolio dengan membentuk anak perusahan. Anak perushaaan itu yang nantinya mengurus pengembangan industri baru di daerah.

Direktur Utama PT KIW Rachmadi Nugroho mengatakan, strategi itu dipilih karena ingin perseroan lincah di pasar serta mampu menangkap peluang bisnis. “Kami kembangkan kawasan baru di Jateng, kerjasama dengan pihak lainnya. Kita ingin menjadi lebih seksi menjadi pengembang kawasan ke depan,” ujarnya. PT KIW sendiri saat ini masih fokus sebagai pengembang kawasan. Dalam kerjanya, perseroan melakukan penjualan kapling tanah industri siap bangun, persewan bangunan gudang dan persewaan Bangunan Pabrik Siap Pakai (BPSP). Di kawasan, PT KIW mengurus 70 hingga 80 perusahaan baik naisonal maupun mancanegara. Ke depan, perseroan menargetkan untuk memulai merambah bidang properti dan jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *