Cara Mudah dan Sederhana Berbelanja Tiket Kereta Api yang Bisa Anda Coba

Kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia karena berbagai factor. Selain memiliki tingkat kecepatan yang tinggi, disbanding alat transportasi darat lainnya, jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api pun telah diatur dengan baik oleh para pengelolaannya, sehingga memungkinkan calon penumpang untuk dapat mengatur waktu perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan dalam diri mereka. Yang lebih menguntungkan lagi adalah fasilitas yang disediakan oleh PT. KAI akan mampu membuat para pelaku perjalanan merasakan tingkat kenyamanan yang tinggi ketika menggunakan alat transportasi yang satu ini. Cara mendapatkan tiket kereta  api yang kini sangat mudah untuk dilakukan juga menjadi daya tarik tersendiri dalam penggunaan alat transportasi yang satu ini.

Jika dahulu untuk melakukan pembelian tiket perjalanan kereta api, kita harus melakukan antri pada loket-loket pembelian resmi yang memang disediakan oleh PT.KAI ataupun membelinya melalui sebuah agen perjalanan, kini seiring dengan perkembangan teknologi, system pembelian tiket pun semakin dipermudah. Tidak harus mengantri ataupun mendatangi counter resmi dari penjualan tiket tersebut, hanya dengan menggunakan gadget ataupun smartphone yang Anda miliki, nantinya tiket sudah dapat Anda pesan, tanpa harus beranjak dari tempat duduk Anda.

Ya, system pembelian secara online kini dapat mempermudah kita dalam mendapatkan tiket perjalanan kereta api. System online inipun dapat kita lakukan melalui beberapa cara, tidak hanya terbatas pada situs resmi yang memang disediakan oleh PT.KAI saja, namun kini berbagai situs belanja online pun menyediakan ruang khusus bagi kita untuk dapat melakukan pembelian tiket perjalanan kereta api ini didalam display penjualan mereka. Cara yang harus dilakukan untuk dapat melakukan pembelian ini sangatlah mudah, dan hamper mirip dengan system pembelanjaan berbagai barang yang Anda lakukan melalui situs belanja online.

Berikut ini beberapa tahapan yang mungkin harus Anda lakukan untuk dapat melakukan pembelian tiket kereta api melalui situs belanja online, yang antara lain adalah:

  • Masuk atau loginlah ke sebuah situs belanja online dengan menggunakan akun pribadi Anda, dan kemudian pilihlah menu ataupun kategori tiket didalamnya.
  • Pilihlah tiket perjalanan kereta api, dan carilah jadwal perjalanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika anda telah menemukan rute dan jadwal yang tepat, maka pilihlah rute tersebut dan lakukan langkah yang diminta oleh situs, dimana biasanya pengisian data harus Anda lakukan didalamnya.
  • Isilah data sesuai dengan kartu identitas diri calon penumpang, agar nantinya dapat memberikan jaminan keamanan dalam perjalanan Anda.
  • Jika semua data telah terisi dengan benar, maka situs akan meminta Anda untuk melakukan pembayaran atas booking tiket yang Anda lakukan.

Segeralah lakukan pembayaran tiket perjalanan kereta yang telah Anda pesan tersebut, dengan menggunakan media pembayaran yang Anda miliki. Lakukan pembayaran dengan segera, karena memang situs memberikan batasan waktu pembayaran untuk booking tiket yang Anda lakukan. Pilihlah media pembayaran yang aman dan bayarlah dengan nominal sesuai dengan yang diberikan oleh situs, dan jangan membulatkannya, karena hal tersebut akan membuat pembayaran yang Anda lakukan, tidak dikenal oleh system.

Jika pembayaran telah Anda lakukan, maka tiket kereta api yang Anda pesan melalui situs belanja online tersebut, nantinya akan diberikan oleh pihak pengelola situs dalam bentuk kode booking , melalui email yang Anda cantumkan pada saat melakukan transaksi pembelian tiket. Kode booking inilah yang nantinya harus Anda tukarkan pada counter di stasiun sebelum waktu keberangkatan Anda. Mudah bukan cara pembelian online ini.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *